• PENJELASAN LAMBANG
    ANGKATAN MUDA PEMBAHARUAN INDONESIA

    Lambang Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) adalah sebagai berikut:

    1.    Lambang Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) berbentuk Cakra, dilengkapi dengan gambar Kepulauan Nusantara Indonesia, dua buah lingkaran, dua bintang, delapan daun pelepah cakra yang memuat ujung senjata Trisula, dan senjata Tombak huruf "ANGKATAN MUDA PEMBAHARUAN INDONESIA" berjumlah keseluruhannya 18.

     

    2.    Makna dari arti yang terkandung dalam Lambang Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) adalah:

     

    a.    Senjata Cakra adalah senjata pamungkas yang mampu menghancurkan segala tindakan dan sifat angkara murka, selalu membela kebenaran dan keadilan, senantiasa berputar dan bergerak dinamis dalam menjalankan tugas serta kewajibannya.

     

    b.    Daun pelepah Cakra berlekuk 5 (lima), berarti bahwa Pancasila merupakan dasar falsafah perjuangan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia.

     

    c.     2 (dua) Bintang dan 5 (lima) lekukan daun pelepah Cakra serta 3 (tiga) ujung Trisula berarti kelahiran Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia, tanggal 28.

     

    d.    6 (enam) jenis Unsur yang terlukis pada Lambang berarti kelahiran Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia, pada bulan ke enam.

     

    e.    Trisula mengandung arti bahwa Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia dalam menjalankan langkah dan geraknya selalu berpedoman kepada Tri DharmaAMPI; Pembaharuan, Kekaryaan dan Kerakyatan Yang Manusiawi.

     

    f.      Daun pelepah Cakra dengan satu ujung Tombak/satu urat nadi melambangkan ARAH, sedang daun pelepah Cakra dengan 3 (tiga) ujung senjata/urat nadi (Trisula) melambangkan ajaran prinsip kehidupan manusia di Dunia:

     

     

     

     

    ASAH, ASIH, dan ASUH

     

    ARAH     :      Dalam Perjuangan Angkatan Muda Pembaharuan            Indonesia (AMPI) mempunyai ruang lingkup Cakrawala   yang luas dan arah yang jelas;

     

    ASAH     :      Dalam menjalankan roda organisasi, sesama pengurus, pengurus dan anggota harus tersirat sifat saling isi mengisi, saling tukar pendapat, yang selanjutnya dituangkan dalam bentuk musyawarah untuk mencapai mufakat;

     

    ASIH       :      Rasa kasih sayang, rasa hormat menghormati, dengan rasa perikemanusiaan yang mendalam merupakan sifat dari seluruh warga Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia;

     

    ASUH     :      Sifat saling mengingatkan, terjalinnya kerjasama yang baik dengan penuh pengertian diantara sesame warga Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia dengan Pimpinan yang bersifat “Pengasuh”.

     

    3.    Makna dari warna Lambang Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia adalah sebagai berikut :

     

    a.    Warna Putih untuk Senjata Cakra :

     

    Mengandung arti suci.

     

    Di dalam pengabdian kepada nusa dan bangsa Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia selalu dilandasi oleh hati yang suci dan berjuang tanpa mengharapkan imbalan jasa atau tanpa pamrih.

     

    b.   Warna Dasar Kuning :

     

    Mengandung arti agung, selalu taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ketuhanan Yang Maha Esa menjadi dasar Landasan Perjuangan Angkata Muda Pembaharuan Indonesia.

     

    c.   Warna Merah pada huruf Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia :

     

    Mengandung arti berani dan bertanggung jawab serta bersemangat baja.

     

    d.  Warna Hitam untuk Kepulauan Nusantara :

     

    Kemantapan, keteguhan dan kekekalan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia dalam mempertahanka